Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi karena terjadinya tantangan baru pada
dunia Pendidikan, Dimana peserta didik diharuskan memiliki keterampilan
berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan berkomunikasi dengan baik. Salah satu
upaya dalam mengatasi tantangan tersebut dengan menerapkan pendekatan
yang inovatif, yaitu pendekatan STEAMMI (Science, Technology,
Engineering, Art, Mathematic, Montessori, and Islamic). Pendekatan ini
bertujuan untuk meningkatkan kompetensi peserta didik untuk berpikir kritis
dan menyelesaikan masalah menggunakan alat teknologi dan strategi belajar
kolaboratif yang kreatif dengan dilandasi nilai-nilai Islami. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengentahui penerapan pendekatan STEAMMI
dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik di SDIT Al-Hamidiyah
Sawangan Depok.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan
data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta
subjek penelitian ini terdiri dari 8 informan, yaitu: Wakil Kepala Bidang
Kurikulum, Koordinator STEAMMI, 2 Guru, serta 4 peserta didik SDIT AlHamidiyah dan teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan
STEAMMI terdapat 5 tahapan, yaitu: 1) Tahap pengamatan, mengamati
permasalahan yang sedang terjadi di lingkungan sekitar mereka, 2) Tahap ide
baru, tahap menghasilkan ide-ide, 3) Tahap inovasi, tahap research, 4) Tahap
kreasi, tahap membuat produk, 5) Tahap nilai, tahap menghasilkan ide yang
bermanfaat. Melalui penerapan pendekatan STEAMMI dapat meningkatkan
kemandirian belajar peserta didik, dilihat dari beberapa aspek, yaitu: Aspek
berdiri sendiri, peserta didik dapat menunjukkan ketepatan waktu dalam
penyelesaian tugas STEAMMI; Aspek menyelesaikan masalah, peserta didik
dapat menemukan berbagai alternatif solusi, dan mengambil keputusan yang
tepat; Aspek tanggung jawab, peserta didik mampu menunjukkan
kepemimpinan dan berkolaborasi secara aktif dalam proyek STEAMMI; Aspek inisiatif dan kreativitas, peserta didik mampu membuat proyek
STEAMMI yang inovatif dan kreatif.