Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dukungan motivasi orang tua
sehingga berpengaruh pada pengembangan prestasi non akademik mahasiswi
yang diimplementasikan dalam lingkungan luar kampus. Tujuan Penelitian ini
adalah untuk menginvestigasi peran motivasi orang tua dalam meningkatkan
prestasi non akademik mahasiswi Fakultas Tarbiyah di Institut Ilmu Al-Qur’an
Jakarta.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Kualitatif
dengan pendekatan Deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu melalui
observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari Dekan,
Kaprodi, Dosen matakuliah, 5 orang mahasiswi dan 5 orang tua mahasiswi.
Sedangkan teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu reduksi
data, penyajian data dan dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi orang tua memainkan
peran penting dalam mendorong partisipasi anak-anak mereka dalam berbagai
kegiatan di luar kampus, seperti organisasi kemahasiswaan, olahraga, seni, dan
lainnya. Dukungan dan dorongan yang konsisten dari orang tua memiliki
dampak positif terhadap rasa percaya diri, keterampilan sosial, dan
pembentukan karakter mahasiswa. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya
pemahaman orang tua tentang konsep prestasi non akademik dan kolaborasi
antara orang tua dan institusi pendidikan dalam menciptakan lingkungan yang
mendukung pertumbuhan holistik mahasiswa. Implikasi penelitian ini
menekankan perlunya peran aktif orang tua dalam mendukung perkembangan
non akademik mahasiswa dan upaya bersama antara orang tua dan institusi
pendidikan untuk mencapai tujuan ini.