Abstract:
Pendidikan tidak hanya menekankan aspek akademik tetapi juga
pembentukan karakter religius sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.
Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui pembiasaan shalat dhuha. SD
Islam Ruhama menerapkan pembiasaan ini secara rutin terutama di kelas VI.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengenalisis bagaimana
implementasi pendidikan karakter religius melalui pembiasaan shalat dhuha
pada kelas VI SD Islam Ruhama Cireunde.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan
menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara, wawancara
dilakukan kepada 8 orang responden yaitu, Kepala Sekolah, Guru Pendidikan
Agama Islam (PAI), dan 6 Siswa Kelas 6. Teknik analisis data yang digunakan
yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa implementasi pendidikan
karakter religius melalui pembiasaan shalat dhuha di SD Islam Ruhama
Cireundeu sudah berjalan dengan baik dan sistematis, kegiatan ini
dilaksanakan rutin sebelum proses pembelajaran dengan dukungan guru
sebagai teladan, pengawas sekaligus motivator. Pembiasaan shalat dhuha
terbukti menumbuhkan sikap religius siswa seperti ketaatan beribadah,
kedisiplinan, tanggung jawab, kejujuran, serta kebiasaan berbuat baik, baik disekolah maupun di rumah.