Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan bagi generasi
penerus bangsa bukan hanya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa akan
tetapi juga menumbuhkan generasi yang memiliki karakter yang baik.
Maraknya kasus immoral (pelanggaran) yang terjadi sekarang ini merupakan
bentuk rendahnya karakter. Untuk mengatasi masalah tersebut maka perlunya
membentuk karakter sejak dini sehingga pada saat dewasa sudah tertanam
dalam diri anak karakter yang baik. Dalam hal ini sekolah menerapkan
program Tahfiz Al-Qur’an tidak hanya untuk dapat membaca dan menghafal
Al-Qur’an, akan tetapi juga untuk menanamkan karakter Islami dalam
kehidupan dan meningkatkan keimanan pada Allah SWT.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif sebab
penelitian ini menggambarkan bagaimana peran Tahfiz Al-Qur’an dalam
membentuk karakter siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data primer berasal dari
kepala sekolah, guru Tahfiz, dan siswa. Sedangkan sumber data sekunder
berasal dari data-data sekolah, buku, jurnal, artikel, dan skripsi. Teknik
analisis data menggunakan model reduksi data, penyajian data, dan verifikasi
atau kesimpulan.
Hasil penelitian di SD Al-Wathoniyah 9 Jakarta Timur menunjukkan
bahwa pelaksanaan Tahfiz Al-Qur’an memberikan dampak positif dalam
membentuk karakter siswa. Karakter tersebut antara lain Religius, jujur,
disiplin, dan tanggung jawab. Salah satu dampak yang terlihat secara nyata
adalah perubahan perilaku siswa dalam menjalankan ibadah terutama shalat
yang dilakukan dengan penuh kesadaran dan tanpa perlu diingatkan oleh guru.
Hal ini menjadi indikasi kuat keberhasilan program Tahfiz dalam membentuk
karakter religius. Selain itu hal ini juga membuktikan bahwa Tahfiz bukan
sekadar kegiatan menghafal semata, melainkan juga merupakan sarana efektif
untuk menginternalisasi nilai-nilai moral yang luhur. Nilai-nilai akhlak yang
baik seperti kejujuran, kesabaran, dan kedisiplinan mulai melekat kuat pada karakter siswa yang mengikuti program Tahfiz.