Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya murāja’ah sebagai
sarana untuk menjaga, memperkuat, serta meningkatkan hafalan siswa dari
aspek tajwid, faṣāḥah, dan kelancaran. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis efektivitas metode murāja’ah dalam meningkatkan kualitas
hafalan Al-Qur’an siswa di SDIT Al Azkar Pamulang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif analisis. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru tahfiz, serta
empat siswa kelas 5 SDIT Al Azkar Pamulang. Data penelitian diperoleh
melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data
dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode murāja’ah dilaksanakan
melalui beberapa bentuk, yaitu murāja’ah harian bersama wali kelas,
murāja’ah mutqin mingguan, murāja’ah berpasangan (musyāfahah), serta
talaqqi bersama guru tahfiz. Pelaksanaan metode ini terbukti efektif dalam
menjaga hafalan siswa agar tidak mudah hilang sekaligus memperbaiki
kualitas bacaan. Efektivitas tersebut terlihat dari meningkatnya ketepatan
bacaan tajwid, kefasihan (faṣāḥah), serta kelancaran hafalan siswa. Siswa
yang konsisten melaksanakan murāja’ah menunjukkan hasil hafalan yang
lebih kuat, lancar, dan minim kesalahan dibandingkan siswa yang tidak rutin.