Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi di
masyarakat yaitu berkembangnya tempat-tempat pelatihan memanah
menarik perhatian masyarakat untuk ikut belajar memanah, namun
sayangnya aspek keislaman dalam memanah ini sendiri masih belum dan
kurang diperhatikan atau diterapkan dalam proses belajar dan pelatihan
memanah itu sendiri, kurangnya pengajaran keislaman dalam memanah
hanya menghasilkan output pemanah yang hanya sekedar memanah saja
tanpa memaknai nilai keislaman yang ada dalam olahraga ini.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi pelaksanaan
pendidikan memanah dalam menamamkan nilai-nilai keislaman pada
komunitas Tree Archery Ciputat Timur Tangerang Selatan dan untuk
mengetahui kegiatan pembelajaran memanah dapat menumbuhkan nilai-nilai
keislaman pada komunitas tersebut. Metode penelitian yang digunakan ialah
penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data
dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik
analisis data terdiri dari yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). strategi pelaksanaan
pendidikan memanah dalam menanamkan nilai -nilai keislaman pada
komunitas Tree Archery Kp. Utan, Ciputat Timur Tangerang Selatan adalah
dengan mendesain dan melaksanakan unsur-unsur pendidikan dengan tepat,
yaitu a. menyusun tujuan pembelajarannya, b. menyusun kurikulum, c.
peseta didik, d. pendidik/coach yang tepat, dan e. adanya interaksi edukatif
antara coach dan peserta didik, dan 2). kegiatan pembelajaran memanah
dapat menumbuhkan nilai-nilai keislaman pada komunitas Tree Archery
tersebut karena di dalam pembelajarannya diajarkan a. nilai-nilai
akidah/tauhid, b. nilai-nilai syariah, dan c. nilai-nilai akhlak.