Abstract:
Pembentukan karakter disiplin pada siswa merupakan aspek penting
dalam pendidikan, khususnya melalui pembiasaan ibadah salat fardu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran aktif dan konsisten orang tua
dalam membangun karakter disiplin siswa kelas V MI Miftah Assa’adah
Tangerang Selatan melalui ibadah salat fardu, serta mengidentifikasi faktor
pendukung dan penghambat dalam proses tersebut. Metode penelitian yang
digunakan adalah kualitatif deskriptif. Sumber data primer dalam penelitian
ini terdiri dari 7 informan, yaitu 3 orang tua (ibu) siswa, 3 siswa kelas V, dan
1 guru kelas V MI Miftah Assa’adah Tangerang Selatan. Sumber data sekunder
diperoleh dari dokumen sekolah, buku, jurnal serta literatur yang relevan
dengan topik penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tahapan
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua berperan sebagai
teladan, bertanggung jawab mengenalkan dan mengajarkan ibadah salat fardu
sejak dini, memberikan contoh langsung, serta konsisten mengingatkan dan
mengajak anak untuk melaksanakan ibadah salat fardu. Faktor pendukung
meliputi motivasi dan dorongan konsisten dari orang tua, pemberian pujian
sederhana, suasana rumah yang kondusif, komunikasi yang baik, dan
pendekatan emosional. Namun, terdapat pula faktor penghambat seperti
keterbatasan waktu dan perhatian orang tua, pengaruh lingkungan sosial yang
kurang mendukung, kelelahan fisik anak, gangguan dari gadget dan hiburan
digital, serta kurangnya pemahaman dan motivasi internal anak. Penelitian ini
menyimpulkan bahwa peran aktif dan konsisten orang tua sangat penting
dalam membangun karakter disiplin siswa melalui ibadah salat fardu. Dengan harapan siswa dapat menjadi pribadi yang disiplin, bertanggung jawab dan taat
menjalankan kewajiban agama.