Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran berbasis
proyek pada mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI) dalam konteks
kurikulum merdeka di Sekolah Dasar Negeri Babakan Dramaga 03 Bogor.
Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya inovasi
pembelajaran PAI yang mampu menumbuhkan karakter siswa melalui
pengalaman langsung, kolaborasi, dan pemecahan masalah secara nyata.
Kurikulum merdeka mendorong pendekatan pembelajaran yang lebih
fleksibel dan kontekstual, salah satunya melalui model PJBL.
Penelitian ini meggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan
data dilakukan melalui observasi, wawancara dengan guru PAI, wali kelas 3
dan 6, kepala sekolah, siswa kelas 3 dan 6, dan orang tua siswa, serta
dokumentasi. Analisis data dilakukan dilakukan melalui reduksi data,
pengumpulan data, pennyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan pjbl dalam
pembelajaran PAI telah dilakukan pada tahapan yang sesuai. Tahapan ini
mencakup perencanaan proyek, pelaksanaan proyek, dan presentasi proyek
siswa. Fokus proyek adalah nilai-nilai islam seperti tanggung jawab, dan
kolaborasi. Salah satu tantangan yang dihadapi oleh guru PAI adalah keterbatasan waktu, fasilitas dan kurangnya pemahaman terhadap kurikulum
merdeka.