Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena meningkatnya media
sosial Tiktok dikalangan remaja yang diduga berdampak pada
menurunnya fokus belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
pengaruh intensitas penggunaan media sosial Tiktok terhadap konsentrasi
belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN 3 Subang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
survei mengumpulkan informasi dari responden menggunakan kuisioner.
Populasi pada penelitian ini yaitu kelas X di SMAN 3 Subang dengan
jumlah sampel 197 responden dengan tingkat kesalahan 5 %, sedangkan
untuk menganalisis data peneliti menggunakan analisis regresi linear
sederhana.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh negatif
yang signifikan antara intensitas penggunaan media sosial TikTok
terhadap konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN 3
Subang, yang berarti semakin tinggi intensitas penggunaan TikTok maka
semakin rendah tingkat konsentrasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan
melalui uji T parsial yang menunjukkan nilai signifikansi < 0,05 dan T
hitung sebesar -5,971 > T tabel 1,652. Besarnya pengaruh variabel X
terhadap Y adalah sebesar 15,5%, sedangkan 84,5% sisanya dipengaruhi
oleh faktor lain yang tidak diteliti, seperti lingkungan belajar, motivasi,
dan metode pembelajaran.