Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih ditemukannya kendala pada
mahasiswa fakultas tarbiyah dalam menguasai dan menerapkan keterampilan
mengelola kelas. Dalam konteks ini, keterampilan mengelola kelas merupakan
salah satu keterampilan mengajar yang penting untuk dikuasai guna
menciptakan dan memelihara suasana pembelajaran menjadi optimal. Micro
teaching sebagai mata kuliah wajib berperan penting untuk melatih mahasiswa
melakukan praktik mengajar langsung di depan kelas dan mengasah
kemampuan keterampilan mengelola kelas agar lebih siap menghadapi
tantangan di kelas sebenarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
menganalisis peran micro teaching dalam meningkatkan keterampilan
mengelola kelas mahasiswa fakultas tarbiyah di Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ)
Jakarta.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif
deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari tujuh informan dengan proses
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Teknik analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data
dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa micro teaching berperan
penting dalam meningkatkan keterampilan mengelola kelas mahasiswa
fakultas tarbiyah yang dapat dilihat melalui tiga tahap yaitu tahap perolehan
pengetahuan dimana mahasiswa mendapat pengetahuan awal tentang
komponen keterampilan mengajar, tahap akuisisi keterampilan yang
dilakukan melalui penentuan materi, penyusunan microlesson dan praktik
mengajar, tahap umpan balik berupa evaluasi dari dosen, praktisi dan teman
sejawat. Peningkatan keterampilan mengelola kelas melalui peran micro
teaching dilihat dari enam aspek yaitu pengaturan ruang kelas terlihat
mahasiswa mampu memposisikan siswa dan alat bantu ajar dengan baik,
menjaga ketertiban kelas terlihat saat mahasiswa dapat memberikan
pengarahan dengan baik, manajemen waktu tampak saat mahasiswa dapat
mengalokasikan waktu dengan efektif, membangun hubungan positif terlihat
dari sikap mahasiswa yang responsif, mengelola berbagai sumber belajar dengan mengkombinasikan media teknologi dan media sederhana, serta
pemberian umpan balik yang dilakukan mahasiswa dengan bervariasi