Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi dari meningkatnya sikap intoleransi di
satuan pendidikan yang semakin mengkhawatirkan di Negara yang
Multikultural ini. Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis
Implementasi Pembelajaran Agama Islam Multikultural dalam Membentuk
Karakter Moderat siswa di SMPN 03 Kota Tangsel. penelitian ini
menggunakan metode kualitatif, sumber data utama penelitian ini terdapat
kepala sekolah, waka kurikulum, guru PAI, dan lima orang peserta didik
SMPN 03 Kota Tangsel. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan teknik
observasi non partisipan, wawancara semi struktur dan dokumentasi.
Analisis data dilakukan dengan model Milles dan Huberman, yaitu reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian bahwa
dari berbagai agama dan suku pada pembelajaran PAI dilakukan melalui
tiga aspek utama. Yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Ketiga
aspek telah memuat nilai-nilai multikultural yang berorientasi pada
pembentukan karakter moderat terutama dari materi pembelajaran khalīfah
fi al-arḍ, etika pergaulan, dan seni Islami dengan pembelajaran aktif serta
mengaitkan materi fenomena nyata di lapangan serta peran guru sebagai
role model.