Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan murid dalam membaca
Al-Qur’an dan pemahaman yang kurang terhadap ilmu tajwid. Berdasarkan
hasil observasi, masalah yang dihadapi murid dalam pembelajaran Al-Qur’an
adalah kurangnya pemahaman terhadap ilmu tajwid. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis penerapan metode Tajwidi dalam pembelajaran AlQur’an di Lembaga Darul Qur’an At-Tibyan dan dampaknya terhadap
peningkatan kualitas bacaan murid. Metode yang digunakan adalah
pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian
dilaksanakan di Lembaga Darul Qur’an At-Tibyan, dengan subjek penelitian
terdiri dari Kepala Lembaga, Guru Tahfiz dan Tahsin, serta 7 murid dari kelas
5 SD hingga kelas 1 SMA. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data
meliputi pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Tajwidi di
Lembaga Darul Qur’an At-Tibyan dilakukan secara sistematis, dimulai dari
pengenalan huruf hijaiyah, makhraj huruf, dan sifat huruf, hingga hukum
tajwid yang rinci pada tiap jilid buku metode Tajwidi. Proses pembelajaran
melibatkan praktik langsung di depan guru, yang memungkinkan murid
mendapatkan umpan balik secara langsung. Dari hasil tes membaca AlQur’an surah Al-Baqarah ayat 106-112, dengan tiga indikator penilaian yaitu
tajwid, faṣᾱḥah, dan kelancaran ditemukan peningkatan kualitas bacaan AlQur’an yang sangat baik. Faktor yang mempengaruhi peningkatan kualitas
bacaan Al-Qur’an siswa meliputi metode pembelajaran yang efektif,
lingkungan yang mendukung, dan pemahaman tajwid. Dari analisis yang
dilakukan, ditemukan bahwa penerapan metode Tajwidi secara efektif
meningkatkan kualitas bacaan murid dalam membaca Al-Qur’an.