DSpace Repository

Strategi Pembinaan Fahmil Al-Quran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMA IT Al-Quraniyyah Pondok Aren Tangerang Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yanti Susanti
dc.contributor.author Maitsaa Fauziyyah, 21312414
dc.date.accessioned 2025-11-26T03:22:30Z
dc.date.available 2025-11-26T03:22:30Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4349
dc.description.abstract Pembinaan pemahaman Al-Qur’an melalui Musabaqah Fahmil Qur’an (MFQ) memiliki potensi strategis dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pembinaan Fahmil Qur’an serta pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa di SMA IT Al-Qur’aniyyah, Pondok Aren, Tangerang Selatan. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini meliputi bagaimana implementasi dan strategi pembinaan Fahmil Qur’an diterapkan, serta sejauh mana pengaruhnya terhadap peningkatan prestasi akademik siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini terdiri dari 7 informan, yaitu: 3 pembina Fahmil Al-qur’an dan 4 siswa/santri di SMA IT Al-Qur’aniyyah Pondok Aren Tangerang Selatan. Teknik analisis data dilakukan melalui 4 tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembinaan Fahmil Qur’an dilakukan secara bertahap dan terstruktur, mencakup pelatihan intensif, pendekatan dialogis, dan penguatan nilai-nilai spiritual siswa. Faktor pendukung strategi ini antara lain komitmen pembina, kurikulum yang mendukung, dan partisipasi aktif siswa. Sedangkan tantangannya meliputi keterbatasan waktu, variasi kemampuan siswa, dan ketersediaan sumber daya. Kesimpulannya, pembinaan Fahmil Qur’an memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar siswa, baik dalam aspek kognitif, afektif, maupun spiritual. Penelitian ini juga merekomendasikan agar lembaga pendidikan lain mengadopsi strategi serupa dalam upaya peningkatan mutu pendidikan berbasis AlQur’an. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Fahmil Qur’an en_US
dc.subject Pendidikan Islam en_US
dc.subject Strategi Pembinaan en_US
dc.subject Prestasi Belajar en_US
dc.subject Musabaqah en_US
dc.title Strategi Pembinaan Fahmil Al-Quran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMA IT Al-Quraniyyah Pondok Aren Tangerang Selatan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account