| dc.description.abstract |
Pembinaan pemahaman Al-Qur’an melalui Musabaqah Fahmil
Qur’an (MFQ) memiliki potensi strategis dalam meningkatkan prestasi
belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi
pembinaan Fahmil Qur’an serta pengaruhnya terhadap prestasi belajar
siswa di SMA IT Al-Qur’aniyyah, Pondok Aren, Tangerang Selatan.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini meliputi bagaimana
implementasi dan strategi pembinaan Fahmil Qur’an diterapkan, serta
sejauh mana pengaruhnya terhadap peningkatan prestasi akademik siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif
dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Subjek dari penelitian ini terdiri dari 7 informan, yaitu: 3
pembina Fahmil Al-qur’an dan 4 siswa/santri di SMA IT Al-Qur’aniyyah
Pondok Aren Tangerang Selatan. Teknik analisis data dilakukan melalui 4
tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembinaan
Fahmil Qur’an dilakukan secara bertahap dan terstruktur, mencakup
pelatihan intensif, pendekatan dialogis, dan penguatan nilai-nilai spiritual
siswa. Faktor pendukung strategi ini antara lain komitmen pembina,
kurikulum yang mendukung, dan partisipasi aktif siswa. Sedangkan
tantangannya meliputi keterbatasan waktu, variasi kemampuan siswa, dan
ketersediaan sumber daya. Kesimpulannya, pembinaan Fahmil Qur’an
memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar
siswa, baik dalam aspek kognitif, afektif, maupun spiritual. Penelitian ini
juga merekomendasikan agar lembaga pendidikan lain mengadopsi
strategi serupa dalam upaya peningkatan mutu pendidikan berbasis AlQur’an. |
en_US |