Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidaksesuaian antara tingginya
hafalan Al-Qur’an dengan prestasi akademik siswa pada mata pelajaran
Qur’an Hadits di MTs Darut Tafsir al-Husaini Depok. Tujuan penelitian ini
untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara hafalan Al-Qur’an dengan
prestasi akademik siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MTs Darut
Tafsir Al Husaini Depok.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian metode pendekatan
kuantitatif asosiatif, bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara dua variabel
atau lebih. Dan Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner
pada Hafalan Al-Qur’an atau variabel X dan menggunakan nilai raport pada
Prestasi Akademik Siswa pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits atau variabel Y.
Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dapat diketahui bahwa
t hitung = -5,835 dengan nilai signifikan sebesar 0.000 < 0,05 dengan taraf
signifikansi 5% uji dua pihak dan df= n-2-1 = 31. Maka diperoleh tabel =
2,040. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima,
berarti ada pengaruh hafalan Al-Qur’an (X) terhadap prestasi belajar AlQur’an Hadits (Y). Hasil uji analisis regeresi linier sederhana dengan
persamaan Y = 131,631 + 0.695. Adapun koefisien regresi hafalan Al-Qur’an
(X) sebesar 0,695% artinya jika hafalan Al-Qur’an mengalami peningkatan 1%
maka prestasi b