DSpace Repository

Penerapan Murajaah dengan Metode Game Based Learning Untuk Meningkatkan Hafalan Al-Quran di SDIT Al-Quraniyyah Tangerang Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kurnia Akbar
dc.contributor.author Najlla Ummuslimah, 21312425
dc.date.accessioned 2025-11-26T03:33:07Z
dc.date.available 2025-11-26T03:33:07Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4352
dc.description.abstract Penelitian ini di latarbelakangi dengan adanya proses menghafal AlQur’an yang cenderung monoton sehingga menyebabkan kurangnya motivasi dan semangat belajar siswa dalam menjaga hafalannya. Salah satu bentuk inovasi baru yaitu dengan adanya menggabungkan muraja’ah dengan Game Based Learning melalui media seperti Quizizz yang dapat meningkatkan minat dan kemampuan hafalan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana Penerapan Muraja’ah dengan metode Game Based Learning dapat meningkatkan hafalan siswa disekolah tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini diambil dari kurangnya motivasi dan semangat belajar siswa dalam menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini berbeda dari penelitian terdahulu karena menitik beratkan pada penerapan muraja’ah yang dipadukan dengan pendekatan Game Based Learning sebagai inovasi baru dalam meningkatkan kualitas hafalan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, sengan subjek yang meliputi Wakil Kepala Sekolah, Guru Tahfidz, dan 4 siswa kelas VI SDIT Al-Qur’aniyyah. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung dilapangan, wawancara, dan dokumentasi. Sementara itu, analisis data dilakukan melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan muraja’ah dengan metode Game Based Learning terbuti efektif dalam meningkatkan hafalan AlQur’an siswa di SDIT Al-Qur’aniyyah. Terutama dari aspek kelancaran hafalan. Metode ini memenuhi karakteristik Game Based Learning seperti, interaktif dan kompetitif, randomisasi soal, time-bound, pemantauan oleh guru, fleksibelitas akses serta penyesuaian tingkat kesulitan yang dimana siswa tidak hanya terlibat secara kognitif tetapi juga secara emosional yang menjadikan suasana belajar yang menyenangkan. Meskipun demikian aspek ketepatan tajwid dan kefasihan belum mengalami peningkatan yang signifikan jika hanya mengandalkan metode game, karena metode ini lebih menekankan pada hafalan teks sedangkan ketepatan tajwid dan kefasihan memerlukan pembelajaran secara tatap muka agar dapat berkembang secara optimal. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Meningkatkan Hafalan en_US
dc.subject Game Based Learning en_US
dc.title Penerapan Murajaah dengan Metode Game Based Learning Untuk Meningkatkan Hafalan Al-Quran di SDIT Al-Quraniyyah Tangerang Selatan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account