| dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan
strategi pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik di
era globalisasi, di Mts Negeri 2 Tangerang. Latar belakang dari penelitian ini
adalah adanya perubahan nilai-nilai karakter siswa yang disebabkan oleh
pengaruh dari globalisasi atau masuknya budaya asing K-Pop.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan
metode observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan
data. Subjek yang penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru PAI, dan
siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembentukan karakter
Islami siswa di Mts Negeri 2 Tangerang melalui pembiasaan, keteladanan,
serta ibrah dan amtsal, yang diterapkan dalam kegiatan rutin, teladan tokoh
agama, dan penyampaian pesan moral. Keberhasilan strategi ini diukur
melalui buku mentoring dan penilaian sikap. Dalam menghadapi pengaruh
budaya Korean Pop (K-Pop) yang memiliki dampak positif maupun negatif,
Pendidikan Agama Islam berperan membimbing siswa menyaring nilai
positif dan menghindari hal yang bertentangan dengan ajaran Islam, sehingga
terbentuk generasi berkarakter, beriman, dan adaptif terhadap perkembangan
zaman. |
en_US |