DSpace Repository

Strategi Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa di Era Globalisasi: Studi Kasus Fenomena Korean Pop di MTs Negeri 2 Tangerang

Show simple item record

dc.contributor.advisor Adithiya Warman
dc.contributor.author Zidny Raisa Salimah, 21312483
dc.date.accessioned 2025-11-26T03:37:42Z
dc.date.available 2025-11-26T03:37:42Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4354
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik di era globalisasi, di Mts Negeri 2 Tangerang. Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya perubahan nilai-nilai karakter siswa yang disebabkan oleh pengaruh dari globalisasi atau masuknya budaya asing K-Pop. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Subjek yang penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru PAI, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembentukan karakter Islami siswa di Mts Negeri 2 Tangerang melalui pembiasaan, keteladanan, serta ibrah dan amtsal, yang diterapkan dalam kegiatan rutin, teladan tokoh agama, dan penyampaian pesan moral. Keberhasilan strategi ini diukur melalui buku mentoring dan penilaian sikap. Dalam menghadapi pengaruh budaya Korean Pop (K-Pop) yang memiliki dampak positif maupun negatif, Pendidikan Agama Islam berperan membimbing siswa menyaring nilai positif dan menghindari hal yang bertentangan dengan ajaran Islam, sehingga terbentuk generasi berkarakter, beriman, dan adaptif terhadap perkembangan zaman. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Strategi Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Krakter en_US
dc.subject Globalisasi en_US
dc.title Strategi Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa di Era Globalisasi: Studi Kasus Fenomena Korean Pop di MTs Negeri 2 Tangerang en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account