| dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi karena minimnya pembiasaan sholat
dhuha jika peserta didik libur sekolah serta masih terdapat peserta didik yang
belum disiplin dalam melaksanakan sholat dhuha. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui implementasi pembiasaan ibadah sholat dhuha
berjama’ah dalam membentuk karakter disiplin peserta didik di SDIT AlAzkar Pamulang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan
data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta
subjek penelitian ini terdiri dari 7 informan, yaitu: Kepala Sekolah, Wali
Kelas, Guru PAI, dan 4 peserta didik SDIT Al-Azkar Pamulang dan teknik
analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian
data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembiasaan
ibadah sholat dhuha terdapat tiga kegiatan, yaitu: 1) kegiatan rutin,
pembiasaan ibadah sholat dhuha berjama’ah dilaksanakan secara rutin pada
hari senin sampai jumat jam 07.10-07.45, 2) kegiatan spontan, dengan adanya
sholat dhuha yang dilaksanakan secara rutin, peserta didik terbiasa dan terlatih
secara spontan mengucap takbir, tasbih, tahmid dan basmalah di kehidupan
sehari-hari. 3) keteladanan, guru memberikan teladan dengan cara ikut serta
melaksanakan sholat dhuha dan memberikan motivasi kepada peserta didik
setelah selesai melaksanakan sholat dhuha. Melalui pembiasaan ibadah sholat
dhuha berjama’ah dapat membentuk karakter disiplin peserta didik, dilihat
dari beberapa aspek, yaitu: aspek menaati tata tertib sekolah terlihat peserta
didik datang ke sekolah tepat waktu salah satunya dengan pembiasaan sholat
dhuha berjama’ah sehingga peserta didik terlatih karakter disiplin. Aspek
perilaku kedisiplinan di dalam kelas yaitu peserta didik diharuskan berprilaku
baik, khususnya pada saat melaksanakan pembiasaan sholat dhuha. Aspek
disiplin dalam menepati jadwal belajar dibentuk dengan memberikan motivasi
mengenai kepatuhan terhadap jadwal belajar dan pentingnya sholat dhuha. Aspek belajar secara teratur yaitu peserta didik dapat melaksanakan sholat
dhuha secara teratur karena adanya jadwal dan waktu yang telah ditentukan. |
en_US |