| dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa
dalam pelajaran fikih, yang dianggap sulit dan kurang menarik oleh sebagian
siswa tingkat sekolah dasar. Padahal, fikih merupakan bagian penting dalam
pembentukan karakter religius sejak usia dini. Oleh karena itu, penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran fikih yang diterapkan
guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SD Islami
Daarunnadwah.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan
deskriptif, Sumber utama data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah,
guru mata pelajaran fikih serta tiga siswa. Teknik pengumpulan data
dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis
data menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan strategi pembelajaran fikih yang
diterapkan guru di SD Islami Daarunnadwah bersifat variatif dan berpusat
pada siswa. strategi-strategi tersebut meliputi pembelajaran interaktif,
penggunaan media dan permainan edukatif serta penguatan nilai-nilai fikih
melalui praktik langsung. Selain itu, guru juga memberikan penghargaan atau
pujian kepada siswa yang aktif untuk meningkatkan motivasi semangat
belajar. Kepala sekolah turut mendukung dengan menyediakan fasilitas bagi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. |
en_US |