Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya muslimah Indonesia baik
dari kalangan remaja hingga dewasa yang kurang dalam memahami atau salah
pemahaman mengenai hukum fikih perempuan terutama bab haid, nifas, dan
istihāḍah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah
pembelajaran fikih perempuan di akun Instagram @dailyhaid dinilai efektif
ataupun sebaliknya.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Sumber data utama
penelitian ini adalah pendiri akun Instagram @dailyhaid, admin akun
Instagram @dailyhaid, dan pengikut aktif akun Instagram @dailyhaid. Teknik
pengumpulan data melalui teknik observasi participatory dan non
participatory, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Adapun reduksi
data dalam penelitian ini adalah data, penyajian data, dan kesimpulan atau
verifikasi. Sumber data utama penelitian ini adalah pendiri akun @dailyhaid,
2 orang admin, dan 6 orang pengikut aktif akun @dailyhaid.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan prinsip-prinsip
pembelajaran efektif, pembelajaran fikih diakun Instagram @dailyhaid
menunjukkan kesesuaian dengan 6 prinsip yakni, pertama perhatian; melalui
desain visual yang konsisten dan estetis. Kedua, motivasi; ingin mengkaji ilmu
haid secara mendalam. Ketiga, keaktifan; terlibat secara aktif dalam
mengakses konten. Keempat, keterlibatan langsung atau pengalaman;
kesesuaian materi dengan pengalaman audiens. Kelima, pengulangan;
penyajian ulang materi melalui pendekatan berbeda. Dan keenam, tantangan;
memberikan kuis interaktif melalui fitur story.