| dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ditemukannya sejumlah siswa yang
belum mampu membaca Al-Qur'an dengan baik sesuai kaidah tajwid. Melihat
begitu pentingnya penguasaan membaca Al-Qur'an sebagai bagian dari
pendidikan agama Islam, maka perlu adanya pengoptimalan dalam
kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan pelaksanaan metode Yanbu’a dalam mengoptimalkan
kemampuan membaca Al-Qur'an pada siswa SDIT Al-Azkar Pamulang.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan
pendekatan deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data melalui observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Responden wawancara yaitu kepala sekolah,
guru kelas, guru BTQ dan 3 siswa kelas 4. Teknik analisis data dimulai dengan
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Yanbu'a
secara sistematis sudah berjalan dengan baik, dari mulai perencanaan,
pelaksanaan, dan teknik evaluasinya. Dilihat dari pelaksanaannya metode
yanbu’a mampu mengoptimalkan kemampuan siswa dalam membaca dan
menulis Al-Qur'an. Terdapat beberapa faktor pendukung keberhasilan metode
ini antara lain kesiapan dan kompetensi guru, antusiasme dan motivasi siswa,
dukungan orang tua, sarana dan prasarana, sistem pembelajaran yang
terstruktur, vasiasi metode pengajaran, pembagian kelas dan pendampingan
serta evaluasi dan refleksi berkelanjutan. |
en_US |