Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan
teknologi digital, termasuk dalam bidang pendidikan agama Islam.
Salah satu inovasi yang berkembang adalah aplikasi Al-Qur’an digital
yang menyediakan berbagai fitur seperti terjemahan, audio murattal,
tafsir, mode hafalan, dan pengingat. Aplikasi ini dinilai memberikan
kemudahan serta manfaat dalam menunjang aktivitas membaca,
menghafal, dan muraja’ah Al-Qur’an, terutama bagi mahasiswa Institut
Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta yang mengikuti program tahfiz.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
penggunaan aplikasi Al-Qur’an digital terhadap hafalan mahasiswa.
Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan
deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa
aktif program S-1 IIQ Jakarta. Sampel berjumlah 163 responden, yang
diperoleh melalui teknik non-probability sampling jenis accidental
sampling. Teknik ini digunakan karena mempertimbangkan
kemudahan akses terhadap responden yang memenuhi kriteria, yaitu
mahasiswa pengguna aplikasi Al-Qur’an digital. Data dianalisis
menggunakan analisis deskriptif dan regresi linear sederhana, dengan
pengujian hipotesis melalui uji F, serta pengukuran nilai Adjusted R
Square.
Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai Fhitung sebesar 10.211
lebih besar dari Ftabel 3,91 dengan signifikansi 0,002 < 0,05. Dengan
demikian, hipotesis alternatif diterima, yang berarti terdapat pengaruh
signifikan antara penggunaan aplikasi Al-Qur’an digital (variabel X)
terhadap hafalan mahasiswa (variabel Y). Besarnya pengaruh
ditunjukkan oleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,100 atau 10%,
sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.