DSpace Repository

Strategi Regulasi Diri dalam Optimalisasi Menghafal Al-Quran pada Mahasiswa Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dewi Maharani
dc.contributor.author Aliya Zafira, 21312357
dc.date.accessioned 2025-11-26T05:08:32Z
dc.date.available 2025-11-26T05:08:32Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4369
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan yang dihadapi mahasiswa penghafal Al-Qur`an di IIQ Jakarta dalam mengatur waktu antara hafalan dan kewajiban akademik. Kegagalan mencapai target hafalan sering disebabkan oleh lemahnya regulasi diri, padahal hal tersebut penting untuk menjaga konsistensi, terutama bagi yang mengikuti program 30 juz. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi regulasi diri mahasiswa dalam mengoptimalkan hafalan agar target tercapai. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian: Ketua LTQQ, 3 orang instruktur tahfiz program 30 juz, dan 5 orang mahasiswi prodi Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir yang mengambil program 30 juz. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi regulasi diri berperan penting dalam optimalisasi menghafal Al-Qur’an pada mahasiswa IIQ Jakarta yang mengambil program 30 juz. Strategi ini mencakup tiga aspek utama yaitu: 1) pada aspek metakognitif, mahasiswi dapat mengidentifikasi kekuatan serta kelemahan hafalannya secara mandiri; 2) aspek motivasi, mahasisiwi memiliki motivasi spiritual dan personal yang lebih kuat terhadap tekanan baik dari dalam maupun dari luar diri; 3) aspek perilaku, tindakan nyata mahasiswa disiplin murojaah, konsistensi setor hafalan, dan memilih lingkungan belajar yang kondusif. Ketiga aspek tersebut diimplementasikan melalui lima syarat utama: niat ikhlas, tekad kuat, talaqqī dengan guru, istiqamah, dan akhlak terpuji, yang membentuk fondasi spiritual, mental, dan perilaku dalam menjaga kualitas dan kontinuitas hafalan. Mahasiswa IIQ Jakarta terbukti memiliki regulasi diri yang baik dan terstruktur dalam proses menghafal Al-Qur’an. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Strategi en_US
dc.subject Regulasi diri en_US
dc.subject Menghafal Al-Quran en_US
dc.title Strategi Regulasi Diri dalam Optimalisasi Menghafal Al-Quran pada Mahasiswa Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account