DSpace Repository

Implementasi Metode Reward dan Punishment Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Saadatudarain

Show simple item record

dc.contributor.advisor Syahidah Rena
dc.contributor.author Anissa Rifdah, 21312359
dc.date.accessioned 2025-11-26T05:13:38Z
dc.date.available 2025-11-26T05:13:38Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4370
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya motivasi peserta didik pada pelajaran akidah akhlak yang menyebabkan kejenuhan dan suasana kelas menjadi tidak kondusif. Oleh karna itu, guru akidah aklak menerapan metode reward dan punishment agar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII D di MTs Sa’adatudarain. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penerapann metode reward dan punishment dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII D MTs Sa’adatudarain pada pelajaran akidah akhlak dan dampak metode reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini berjumlah tujuh informan, yaitu: Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan, Wali Kelas, Guru Akidah Akhlak Kelas VII, dan 4 Peserta Didik Kelas VII D MTs Sa’adatudarain. adapun teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode reward dan punishment dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MTS Sa’adatudarain Kembangan Utara pada pelajaran akidah akhlak terdiri dari tiga tahapan, yaitu: 1) Perencanaan, dengan membuat kesepakatan antara guru dan siswa lalu ditetapkan tujuan dan ditentukan jenis reward seperti memberikan pujian dan memberikan nilai tambahan, adapun jenis punishment seperti teguran dan diberikan tugas tambahan, 2) Pelaksanaan metode reward dilakukan disaat siswa berperilaku yang positif dan pelaksanaan metode punishment dilakukan ketika siswa berperilaku buruk, 3) Evaluasi metode ini, guru akidah akhlak melakukan pengamatan dan uji sederhana. Adapun dampak metode ini terhadap motivasi belajar, yaitu: terbentuknya hasrat dan keinginan berhasil dalam belajar untuk menjadi pribadi yang berakhlakul karimah, Adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar disebabkan karena faktor internal yaitu adanya minat untuk belajar akidah akhlak dan faktor eksternal yaitu takut dihukum, Terbentuknya harapan dalam belajar akidah akhlak untuk memahami dan mengamalkan pelajaran akidah akhlak, Adanya penghargaan dalam belajar atas berperilaku baik disekolah, terciptanya pembelajaran yang menarik, dan ruang kelas yang kondusif. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Implementasi en_US
dc.subject Reward en_US
dc.subject Punishment en_US
dc.subject Motivasi Belajar en_US
dc.title Implementasi Metode Reward dan Punishment Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Saadatudarain en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account