| dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar
mahasiswa pada mata kuliah Ilmu Qiraat di Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ)
Jakarta, terutama dari kalangan mahasiswa dengan latar belakang nonpesantren yang mengalami kesulitan dalam memahami materi qiraat. Salah
satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah
dengan penerapan metode peer teaching, yaitu metode pembelajaran melalui
pengajaran antar teman sebaya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
metode peer teaching terhadap aktivitas belajar mahasiswa pada mata kuliah
Ilmu Qiraat serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang
ditimbulkan dari metode peer teaching tersebut. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah jenis penelitian survei dengan pendekatan
kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner,
dengan sampel penelitian yang terdiri dari mahasiswa semester IV Program
Studi Pendidikan Agama Islam di IIQ Jakarta. Data yang diperoleh dianalisis
menggunakan uji instrumen, uji deskriptif, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan antara penggunaan metode peer teaching terhadap aktivitas belajar
mahasiswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis statistik yang
menunjukkan nilai thitung 3,627 lebih besar (>) dari ttabel 1,664, sehingga
disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari metode peer
teaching terhadap aktivitas belajar Ilmu Qiraat di Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ)
Jakarta. Setelah perhitungan didapatkan hasil dari nilai koefisen determinasi
(R square) sebesar 0,144. Maka dapat disimpulkan bahwa nilai variabel X
terhadap variabel Y adalah sebesar 14,4%, yang artinya besar pengaruh peer
teaching terhadap aktivitas belajar sesebar 14,4%, sedangkan sisanya 85,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini |
en_US |