DSpace Repository

Pengaruh Metode Peer teaching Terhadap Aktivitas Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Ilmu Qiraat di Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta

Show simple item record

dc.contributor.advisor Khusna Farida
dc.contributor.author Alifah Akmarina Adiba, 21312356
dc.date.accessioned 2025-11-26T05:28:14Z
dc.date.available 2025-11-26T05:28:14Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4372
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar mahasiswa pada mata kuliah Ilmu Qiraat di Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta, terutama dari kalangan mahasiswa dengan latar belakang nonpesantren yang mengalami kesulitan dalam memahami materi qiraat. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan penerapan metode peer teaching, yaitu metode pembelajaran melalui pengajaran antar teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh metode peer teaching terhadap aktivitas belajar mahasiswa pada mata kuliah Ilmu Qiraat serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang ditimbulkan dari metode peer teaching tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, dengan sampel penelitian yang terdiri dari mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Agama Islam di IIQ Jakarta. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji instrumen, uji deskriptif, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode peer teaching terhadap aktivitas belajar mahasiswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis statistik yang menunjukkan nilai thitung 3,627 lebih besar (>) dari ttabel 1,664, sehingga disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari metode peer teaching terhadap aktivitas belajar Ilmu Qiraat di Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta. Setelah perhitungan didapatkan hasil dari nilai koefisen determinasi (R square) sebesar 0,144. Maka dapat disimpulkan bahwa nilai variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 14,4%, yang artinya besar pengaruh peer teaching terhadap aktivitas belajar sesebar 14,4%, sedangkan sisanya 85,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Peer Teaching en_US
dc.subject Ilmu Qiraat en_US
dc.subject Aktivitas Belajar en_US
dc.subject Mahasiswa IIQ en_US
dc.title Pengaruh Metode Peer teaching Terhadap Aktivitas Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Ilmu Qiraat di Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account