| dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya membangun suasana
belajar yang baik untuk meningkatkan minat belajar siswa, seiring dengan
perkembangan inovasi teknologi. Salah satu bentuk perkembangan teknologi
informasi tersebut adalah penggunaan media pembelajaran Kahoot dalam
kegiatan evaluasi pembelajaran yang digunakan oleh MTsN 1 Jakarta. Tujuan
Penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran Kahoot
dalam meningkatkan minat belajar siswa di MTsN 1 Jakarta, serta meningkatkan
minat belajar siswa MTsN 1 Jakarta dengan inovasi penggunaan media
pembelajaran Kahoot.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif
deskriptif, dengan subjek penelitian yang terdiri dari Kepala Sekolah, Guru Mata
Pelajaran Al-Qur’an Hadis, dan empat orang siswa kelas VII MTsN 1 Jakarta.
Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi lapangan, wawancara, dan
dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang dilakukan melalui pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran
Kahoot di MTsN 1 Jakarta terbukti efektif dalam meningkatkan minat belajar
siswa. Terlihat dari peningkatan nilai siswa setelah menggunakan Kahoot,
perasaan senang, keterlibatan aktif, sikap positif serta interaksi antara guru dan
siswa selama penggunaan media pembelajaran Kahoot dalam proses
pembelajaran. Fitur-fitur yang tersedia dalam Kahoot seperti penugasan materi,
remedial, dan pengayaan dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam kuis dan
diskusi, serta guru dapat mengevaluasi proses pembelajaran secara lebih efektif
melalui platform ini. |
en_US |