DSpace Repository

Penggunaan Media Pembelajaran Kahoot dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran AlQur’an Hadis di MTsN 1 Jakarta

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dewi Maharani
dc.contributor.author Nadhira Aqilah Damayanti, 2131222
dc.date.accessioned 2025-11-26T05:32:53Z
dc.date.available 2025-11-26T05:32:53Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4373
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya membangun suasana belajar yang baik untuk meningkatkan minat belajar siswa, seiring dengan perkembangan inovasi teknologi. Salah satu bentuk perkembangan teknologi informasi tersebut adalah penggunaan media pembelajaran Kahoot dalam kegiatan evaluasi pembelajaran yang digunakan oleh MTsN 1 Jakarta. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran Kahoot dalam meningkatkan minat belajar siswa di MTsN 1 Jakarta, serta meningkatkan minat belajar siswa MTsN 1 Jakarta dengan inovasi penggunaan media pembelajaran Kahoot. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian yang terdiri dari Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis, dan empat orang siswa kelas VII MTsN 1 Jakarta. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Kahoot di MTsN 1 Jakarta terbukti efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa. Terlihat dari peningkatan nilai siswa setelah menggunakan Kahoot, perasaan senang, keterlibatan aktif, sikap positif serta interaksi antara guru dan siswa selama penggunaan media pembelajaran Kahoot dalam proses pembelajaran. Fitur-fitur yang tersedia dalam Kahoot seperti penugasan materi, remedial, dan pengayaan dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam kuis dan diskusi, serta guru dapat mengevaluasi proses pembelajaran secara lebih efektif melalui platform ini. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Media Pembelajaran Kahoot, , en_US
dc.subject Minat Belajar en_US
dc.subject Mata Pelajaran Al-Quran Hadis en_US
dc.title Penggunaan Media Pembelajaran Kahoot dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran AlQur’an Hadis di MTsN 1 Jakarta en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account