Abstract:
Guru Pendidikan Agama Islam berperan dalam membentuk karakter
religius siswa. Pembentukan karakter religius siswa bisa melalui pembiasaan
shalat berjamaah di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis
bagaimana strategi guru pendidikan agama islam (PAI) dalam membentuk
karakter religius melalui pembiasaan shalat berjamaah di SDIT Al-Amanah
Bogor.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan
pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Subjek penelitian ini terdiri dari 7 informan, yaitu: kepala sekolah, guru PAI,
dan 4 siswa kelas V SDIT Al-Amanah, sedangkan untuk teknik analisis data
dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan serta verifikasi
data.
Strategi guru PAI dalam membentuk karakter religius siswa melalui
pembiasaan shalat berjamaah di SDIT Al-Amanah berjalan dengan baik,
terlihat dari keterlibatan siswa dalam kegiatan shalat dhuha dan dzuhur yang
dilaksanakan secara rutin dan tepat waktu. Dalam pelaksanaannya, guru
menggunakan berbagai strategi, antara lain memberikan teladan, pengarahan,
pengajaran Agama Islam, motivasi, pemberian tanggung jawab, menciptakan
lingkungan yang mendukung baik dari segi fasilitas maupun suasana,
melakukan evaluasi, menjalin kolaborasi dengan orang tua, serta memberikan
hadiah dan hukuman. Penerapan strategi ini berdampak pada terbentuknya
kedisiplinan beribadah siswa yang ditandai dengan pelaksanaan shalat
berjamaah tepat waktu, sekaligus memperkuat aspek karakter religius siswa,
meliputi aspek keyakinan yang menumbuhkan keimanan dan kesadaran akan
kewajiban shalat, aspek peribadatan yang membiasakan siswa melaksanakan
ibadah secara teratur, aspek penghayatan yang membentuk sikap khusyuk
dalam beribadah, aspek pengetahuan yang memperluas pemahaman mengenai
tata cara serta hikmah shalat berjamaah, serta aspek pengalaman yang
mendorong pengamalan nilai disiplin, tanggung jawab, dan kebersamaan
dalam kehidupan sehari-hari.