| dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kreativitas guru dalam
menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif, menarik, dan
menyenangkan, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
(PAI). Kreativitas guru menjadi faktor penting dalam meningkatkan prestasi
belajar siswa karena mampu menumbuhkan motivasi, minat, serta
pemahaman terhadap materi pelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini
difokuskan pada analisis peran kreativitas guru dalam meningkatkan prestasi
belajar siswa kelas XI SMA IT Raflesia Depok.
Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi bentuk kreativitas guru
PAI serta efektivitasnya terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian
menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, melalui
observasi, wawancara, dokumentasi, serta diperkuat dengan hasil belajar
berupa nilai pretest, posttest, dan rapor.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI menerapkan berbagai
kreativitas, seperti variasi metode, penggunaan media menarik, pemberian
tugas reflektif, diskusi kelompok, dan strategi remedial yang menyenangkan.
Kreativitas tersebut terbukti meningkatkan pemahaman, partisipasi, serta
hasil belajar siswa, yang terlihat dari peningkatan nilai posttest dan rapor.
Dengan demikian, kreativitas guru berperan signifikan dalam meningkatkan prestasi belajar sekaligus membangun motivasi siswa secara berkelanjutan. |
en_US |