Abstract:
Perkembangan teknologi digital menuntut mahasiswa memiliki keterampilan
literasi digital, terutama dalam penyusunan karya ilmiah. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman literasi digital mahasiswa
tingkat akhir IIQ Jakarta berdasarkan kerangka Ferrari.
Berbagai penelitian sebelumnya telah menyoroti literasi digital mahasiswa,
namun umumnya masih bersifat umum tanpa menekankan konteks mahasiswa
tingkat akhir. Penelitian ini berbeda karena secara khusus melihat pemanfaatan
literasi digital dalam mendukung penulisan skripsi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data
dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, lalu dianalisis
melalui tahapan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Informan
dalam penelitian ini yaitu dosen dan beberapa mahasiswa tingkat akhir dari
berbagai jurusan.
Hasil penelitian menunjukkan mayoritas mahasiswa berada pada level
intermediate, dengan kemampuan mengakses jurnal, menyusun kata kunci,
melakukan parafrasa, dan menilai sumber. Sebagian kecil menunjukkan
kecenderungan advanced, ditandai dengan sikap kritis terhadap sumber dan
pemanfaatan AI tools secara selektif