Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembiasaan kegiatan amal soleh
dalam menumbuhkan sikap empati pada anak usia dini di RA Labschool IIQ Jakarta.
Anak usia dini berada pada fase perkembangan penting dalam pembentukan
karakter, di mana empati merupakan salah satu aspek yang mendukung
perkembangan sosial emosional. Melalui kegiatan amal soleh, seperti berbagi,
membantu sesama, dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar, diharapkan anakanak dapat menginternalisasi nilai-nilai empati sejak dini.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus.
Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru dan orang
tua, serta dokumentasi kegiatan amal soleh yang diterapkan di RA Labschool IIQ
Jakarta. Analisis data dilakukan dengan pendekatan deskriptif analitis untuk
memahami bagaimana proses pembiasaan kegiatan amal soleh berkontribusi dalam
membentuk sikap empati pada anak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan kegiatan amal soleh yang
dilakukan secara konsisten dan disesuaikan dengan tahap perkembangan anak,
mampu menumbuhkan sikap empati, seperti kepedulian terhadap teman, kemauan
berbagi, serta kepekaan terhadap kebutuhan orang lain. Faktor utama yang
mendukung keberhasilan pembiasaan ini adalah peran aktif guru dan dukungan dari
orang tua dalam memfasilitasi kegiatan tersebut di rumah.