Abstract:
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan
jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data terdiri dari 21 peserta
didik, 1 guru kelas B, dan kepala sekolah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Program Pramuka
Prasiaga di PAUD KB Al-Azhar Lampung berdampak dalam menumbuhkan
karakter cinta tanah air pada anak usia dini. Kegiatan yang dilakukan meliputi
latihan rutin, outing di alam terbuka, serta pelantikan anggota, yang dirancang
melalui tahapan seperti upacara pembukaan, kegiatan melingkar, permainan
edukatif, cerita kebangsaan, dan upacara penutupan. Anak-anak menunjukkan
perkembangan positif, seperti terbiasa menggunakan bahasa Indonesia,
mengenal simbol negara, menyanyikan lagu kebangsaan, memainkan
permainan tradisional, serta memiliki kepedulian terhadap lingkungan.
Pelantikan dengan simbolisasi dan pengucapan janji diri juga memperkuat rasa
tanggung jawab dan kebanggaan sebagai bagian dari bangsa Indonesia. Faktor
pendukung keberhasilan program meliputi dukungan guru, metode
pembelajaran yang menyenangkan, serta keterlibatan orang tua. Sementara
hambatannya antara lain cuaca yang tidak menentu dan keterbatasan sarana.
Secara keseluruhan, kegiatan Prasiaga terbukti menjadi media yang efektif
dalam membentuk karakter cinta tanah air sejak usia dini.