Abstract:
Penanaman nilai moral sejak usia dini merupakan upaya penting
dalam membentuk karakter anak yang berakhlak baik, jujur, peduli, dan
bertanggung jawab. Masa anak-anak merupakan masa keemasan yang sangat
menentukan arah perkembangan kepribadian anak. Salah satu aspek krusial
dalam pendidikan anak usia dini adalah penanaman nilai moral. Moral dan
etika anak sangat dipengaruhi oleh pembiasaan sejak dini jika pendidikan
moral diberikan sejak kecil, anak akan terbiasa bersikap baik, begitu pula
sebaliknya. TK Khoirur Rooziqiin Montessori Bandung Barat memiliki
program Magnet Rezeki For Toddler, yang di dalam kegiatannya memuat
berbagai pesan moral yang dapat menanamkan nilai-nilai moral pada anak.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya penanaman nilai moral
pada anak melalui kegiatan Magnet Rezeki For Toddler, dengan fokus pada
anak usia 5–6 tahun.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Tempat penelitian dilaksanakan di TK Khoirur Rooziqiin
Montessori Bandung Barat. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah,
wakil kepala bidang kurikulum, dan 1 wali kelas B. Teknik pengumpulan
data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya,
teknik analisis data yang digunakan yakni pengumpulan data, reduksi data,
dan kesimpulan data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan Magnet Rezeki For
Toddler mampu menanamkan nilai-nilai moral kepada anak, seperti disiplin,
empati, kejujuran, kepedulian terhadap sesama, dan lain-lain. Nilai-nilai
tersebut sesuai dengan Standar Isi Tentang Tingkat Pencapaian
Perkembangan Anak Kelompok Usia 5-6 Tahun Dalam Permendikbud
Nomor 137 Tahun 2014. Kegiatan ini dilaksanakan melalui metode yang
menyenangkan dan sesuai dengan karakteristik anak usia dini, seperti
bercerita, bermain peran, bercakap-cakap, serta pembiasaan dalam kehidupan
sehari-hari.