DSpace Repository

Pengembangan Metode Taqiya Melalui Halaqah Qur’aniyah pada Pembelajaran Al-Qur’an di Pesantren Pondok Qur’an Cilengkrang Kab. Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sri Tuti Rahmawati
dc.contributor.advisor Muh. Ubaidillah Al-Ghifary Slamet
dc.contributor.author Muhammad Yusuf Hasyim, 223430380
dc.date.accessioned 2025-11-26T09:12:39Z
dc.date.available 2025-11-26T09:12:39Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4407
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan halaqah Qur’aniyah dalam pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Taqiya pada santri kelas 3 banīn di Pesantren Pondok Qur’an Bandung, mengimplementasikan konsep metode Taqiya yang dapat dikembangkan dalam kontek halaqah Qur’aniyah pada santri kelas 3 banīn di pesantren tersebut, dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran Al-Qur'an dengan metode Taqiya pada santri kelas 3 banīn di pesantren tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi pemimping pesantren, 4 ustadz/ustadzah pembimbing halaqah, dan 7 santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Pelaksanaan halaqah Qur’aniyah dalam pembelajaran Al-Qur'an dengan metode Taqiya pada santri kelas 3 banīn di di Pesantren Pondok Qur’an Cilengkrang Bandung adalah pendekatan terstruktur dan berorientasi pada pencapaian kualitas Tahsin, dan sistem halaqah dilaksanakan setiap hari dalam kelompok kecil, dan pendampingan pengajar yang aktif, 2). Konsep metode Taqiya yang dapat dikembangkan dalam konteks halaqah Qur’aniyah pada santri tersebut adalah dengan pendekatan motivasional, spiritual dan adad, direkontruksi sebagai pendekatan pemebelajaran yang menumbuhkan kesadaran santri memebaca Al-Qur'an, dan pendekatan empatik dan keteladanan, dan 3). Faktor pendukung pelaksanaan halaqah Qur’aniyah dalam pembelajaran Al-Qur'an dengan metode Taqiya pada santri tersebut adalah adanya dukungan yayasan, pengajar yang kompeten, kurikulum yang jelas dan tersedianya media pembelajaran. Adapun faktor penghambatnya adalah terbatasnya waktu belajar, latar belakang santri yang berbeda, dan kurangnya kedisiplinan santri. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Program Pascasarjana IIQ Jakarta en_US
dc.subject Metode Taqiya en_US
dc.subject Halaqah Qur’aniyah en_US
dc.subject Pembelajaran Al-Qur’an en_US
dc.title Pengembangan Metode Taqiya Melalui Halaqah Qur’aniyah pada Pembelajaran Al-Qur’an di Pesantren Pondok Qur’an Cilengkrang Kab. Bandung en_US
dc.type Tesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account