Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan proses pembelajaran modul pemebelajaran tajwid inovatif yang berbasis pada buku tajwid karya KH. Imam Zarkasyi pada santri kelas VII MTs di Pesantren modern Ummul Quro Al-Islami Bogor, menganalisis respon santri pada penerapan pembelajaran modul tersebut, dan menganalisis efektivitas modul tersebut yang dikembangkan dalam meningkatkan pemahaman teoritis dan kemampuan praktis santri.
Metode penelitian menggunakan teknik metode kualitatif dan kuantitatif, data diperoleh dari observasi langsung kepada santri kelas VII dan guru tajwid di MTs Pesantren tersebut. Teknik sampling yang digunakan adalah Quasi sampling, dengan memilih kelas sebagai kelompok yang diteliti.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) proses pengembangan modul pembelajaran tajwid inovatif yang berbasis pada buku tajwid karya KH. Imam Zarkasyi pada santri kelas VII MTs di Pesantren tersebut adalah ada lima yaitu, analisis, desain, pengembangan, penerapan dan evaluasi. 2) respon santri kelas VII MTs di Pesantren tersebut terhadap penerapan pembelajaran modul tajwid inovatif adalah sangat positif, yaitu lebih menarik, fleksibel, dan membantu mereka memahami materi tajwidnya dengan lebih baik, dan 3) efektivitas modul tersebut dalam meningkatkan pemahaman teoritis dan kemampuan praktis santri dalam menerapkan kaidah-kaidah tajwid saat membaca Al-Qur'an adalah terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajarnya dengan nilai rata-rata pre-test pada kelas kontrol sebesar 76,83 dan nilai rata-rata post-test kelas eksperiment sebesar 85,43 lebih tinggi.