Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap implementasi program HQ4T yang mengintegrasikan metode Al-Kitābah dan Al-Miftāḥ dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an santri di Pesantren Nurul Qur’an III Bekasi. Fokus kajian meliputi pelaksanaan program, strategi pendukung, serta analisis kelebihan dan kekurangan metode yang digunakan. Pendekatan penelitian ini bersifat kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dengan pengasuh, pengurus, dan santri, serta dokumentasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik snowball sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Metode Al-Kitābah dan Al-Miftāḥ diterapkan melalui aktivitas menghafal sambil menulis, pembuatan jurnal satu ayat dari setiap halaman yang dihafal, simaan satu juz dan akumulatif setiap kenaikan juz, serta penguatan hafalan melalui metode tektok, pembacaan dalam salat, dan saat kegiatan jalan pagi. 2) Strategi yang mendukung program ini meliputi pendekatan Touch and Teach, manajemen waktu, dan pemberian reward. 3.) Keunggulan metode ini terletak pada penguatan memori melalui visualisasi dan aktivitas kinestetik, peningkatan kemampuan bahasa Arab, pengembangan literasi, serta dorongan pengamalan nilai-nilai Al-Qur’an secara kontekstual. Namun, metode ini juga memiliki kelemahan, antara lain durasi pencapaian target hafalan yang lebih lama dan kebutuhan akan pendampingan intensif oleh tenaga pengajar yang kompeten.