Abstract:
Menghafal hadis pilihan adalah mengucapkan hadis yang
telah di ingat secara benar, baik dan berurutan tanpa melihat buku
atau catatan. Sejak masa kanak-kanak harus di tanam hal-hal yang
baik agar menjadi kebiasaannya di kemudian hari. Pada masa inilah
di anjurkannya para orangtua untuk memperkenalkan agamanya
termasuk memperkenalkan Al-Qur’an dan Hadis-hadis Nabi yang
berisi kebaikan dan keteladanan. Penanaman nilai-nilai akhlak
pada masa anak-anak sangat menjadi prioritas dalam
menghadapi era fase umur selanjutnya dan pengaruh
modernisasi saat ini. Pada penelitian ini peneliti ingin meneliti
Apakah terdapat Efektivitas Menghafal Hadis Pilihan Dalam
Pembentukan Akhlakul Karimah Anak Kelas TK B RA Al-
Barokah komplek BDN. Rangkapan Jaya Depok? Bagaimana
taraf signifikansi pada taraf 5% dan 1%?
Dalam penelitian ini, untuk mendapatkan jawaban rumusan
masalah peneliti menggunakan metode pendekatan deskriptif
kuantitatif, tehnik pengumpulan datanya menggunakan observasi,
wawancara, angket dan dokumentasi. Adapun dalam tehnik
pengolahan data penulis menggunakan korelasi Product Moment.
Penelitian ini dilaksanakan di RA Al-Barokah Kota Depok, dan
subyek penelitian ini adalah siswa TK B RA Al-Barokah yang
berjumlah 25 orang.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa di RA Al-
Barokah menghafal hadis tidaklah efektif dalam membentuk akhlakul karimah anak. Pada taraf signifikansi 5% tidak terdapat
korelasi positif yang signifikan antara variabel X dan variabel Y.
Selanjutnya, untuk taraf signifikansi 1% juga tidak terdapat korelasi
positif yang signifikan antara variabel X dan variabel Y.