| dc.description.abstract |
Metode pemberian tugas yang sudah lama diberlakukan di sekolahsekolah harus mempunyai hasil peningkatan yang baik dari siswa dalam
memahami suatu materi. Karena dalam kegiatan pembelajaran guru
mempunyai peran penting untuk menyampaikan suatu materi pembelajaran
kepada masing-masing anak didiknya, guru juga mempunyai tanggung jawab
untuk menyampaikan materi tersebut dengan baik agar tercapainya tujuan
dari pendidikan yang telah direncanakan. Metode pemberian tugas ini juga
harus ditindak lanjuti prosesnya di sekolah, tidak hanya diberikan kepada
siswa di rumah tapi guru harus mengoreksi dan membahas jawaban dari
tugas tersebut agar siswa dapat mengetahui letak kesalahan dari soal yang
sudah ia kerjakan.
Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif
deskriptif yang menggunakan metode observasi, wawancara, dan
dokumentasi sebagai pengumpulan datanya. Analisis data yang dilakukan
dengan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik
kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa penerapan metode
pemberian tugas dalam meningkatkan pemahaman siswa di SD-IT AMEC
berjalan dengan baik. Hal tersebut dibuktikan dari perencanaan yang
dilakukan siswa seperti membaca ulang materi yang telah dibahas
sebelumnya. Agar pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas berjalan dengan
interaktif maka guru menggunakan metode pemberian tugas misalnya kuis
dan tanya jawab sebagai salah satu bentuk dari evaluasi. Adapun siswa dapat
menafsirkan dan mengklasifikan materi adalah siswa mampu
mengelompokkan suatu materi sesuai dengan klasifikasinya. Pemberian
contoh dari salah satu materi pembelajaran adalah dengan siswa
mengerjakan tugas tepat waktu, jujur, dan bekerja sendiri (tidak mencontek).
Siswa juga sudah mampu Meringkas dan Menentukan Inferensi dengan
menentukan atau menarik kesimpulan sendiri dari materi yang telah ditentukan dengan bahasa mereka sendiri, contoh pengaplikasiannya di
lingkungan sekolah adalah melalui kegiatan Muhadoroh. |
en_US |