Abstract:
Di Pondok Pesantren At-Thahiriyyah pada kondisi santri SMP kelas
VII dan VIII ini banyak yang masih kesulitan dalam membaca Al-Qur`an,
maka metode talaqqi ini sangat membantu santri menghafal sekaligus
menyempurnakan bacaan yang belum benar, baik dari segi makhrajnya atau
hukum tajwidnya. Kesulitan membaca Al-Qur`an akan menjadi salah satu
faktor terhambatnya peningkatan dalam menghafal Al-Qur`an. Sehingga
tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui implementasi metode talaqqi
di Pondok Pesantren At-Thahiriyyah.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dengan jenis peneltian deskriptif. Pendekatan kualitatif adalah
serangkaian proses pengumpulan data, menganalisis data, menginterpretasikan
data, serta menarik kesimpulan yang berkenaan dengan data tersebut. Hal ini
penulis akan mendeskripsikan tentang Implementasi metode talaqqi dalam
meningkatkan hafalan siswa.
Penelitian kualitatif mempunyai dua tujuan utama yaitu
menggambarkan dan mengungkapkan (to describe and explore), kedua
menggambarkan dan menjelaskan (to describe and explain). seperti halnya
yang peneliti lakukan Pondok pesantren At-Thahiriyyah Banten memberi
gambaran dan penjelasan secara langsung apa yang diteliti.
Adapun hasil penelitian implementasi metode Talaqqi ini sudah sangat
baik digunakan di Pesantren At-Thahiriyyah baik dari segi hafalan santri
maupun bacaan Al-Qur’annya.