Abstract:
Penelitian ini, menggunakan metode kulaitatif dengan pendekatan
deskriptif dan jenis penelitian menggunakan studi kasus (case studies), data
yang digunakan yaitu primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu
dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, Teknik analisis data yaitu
pengumpulan data, reduksi data dan penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yaitu, kegiatan religius adalah sebuah ikhtiar guru PAI
dalam membentuk karakter dan sikap religius siswa. Kegiatan yang diberikan
guru PAI kepada siswa yaitu, kegiatan jum`at bershalawat, sholat dhuha,
membaca do`a sebelum dan sesudah melakukan pembelajaran dikelas, lalu
melakukan pembersihan sekolah secara bersama. Lancar nya kegiatan religius
tak luput dari peran guru PAI yang berkontribusi disetiap kegiatan religius di
sekolah seperti, menganyomi para guru, memberikan pemahaman kepada guru
mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan, dsb.
Adapun rintangan dalam membentuk karekter siswa yaitu, dalam
proses pelaksanaan kegiatan religius guru harus lebih sabar dalam menghadapi
siswa yang sulit diarahkan, keterbatasan pengetahuan guru yang mendalam
mengenai hal agama, batasan waktu dan sumber daya, reaksi orang tua dan
masyarakat, keseimbangan antara pendidikan religius dan sekuler,
keterbatasan fasilitas.