Abstract:
Kegiatan BTQ ini merupakan salah satu wadah pembinaan bagi peserta didik dalam mempelajari baca dan tulis Al-Qur`an. Selain wadah pembinaan, kegiatan ini pun dapat meningkatkan sifat spiritual, meningkatkan keimananan serta ketakwaan bagi peserta didik.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara kegiatan BTQ (variabel X) dengan prestasi belajar peserta didik (variabel Y). sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas III regular yang berjumlah 40 orang, dengan menggunakan metode nonprobability sampling.
Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis korelasi dan analisis product moment. Analisis data ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan pada kegiatan baca tulis Al-Qur`an dengan prestasi belajar peserta didik. Hal itu dibuktikan oleh rxy = 0,521 lebih besar dari nilai rt baik pada taraf signifikan 5% = 0,304 maupun pada taraf signifikan 1% = 0,393. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kegiatan baca tulis Al-Qur`an dengan prestasi belajar peserta didik.