Abstract:
Perpustakaan adalah suatu koleksi yang diorganisasikan
di dalam suatu ruang agar dapat di gunakan oleh mahasiswi,
karyawan, dosen dan masyarakat. Di dalam penyelengaraannya
perpustakaan di perlukan seorang pustakawan yang ahli di
bidang perpustakaan. Dengan adanya pemanfaatan
perpustakaan di harapkan dapat meningkatkan prestasi belajar
mahasiswi. Melalui penelitian ini, penulis ingin mengetahui
apakah terdapat hubungan yang signifikan antara pemanfaatan
perpustakaan dengan prestasi belajar mahasiswi.
Dalam kajian teoritis, penulis memaparkan berbagai
macam aspek yang berkaitan dengan pemanfaatan
perpustakaan dan prestasi belaja rmahasiswi. Dengan
pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode analisis
korelasi, maka peneliti menghubungkan antara pemanfaatan
perpustakaan dan prestasi belajar mahasiswi yang datanya
berasal dari angket dan nilai indeks prestasi (IP) mahasiswi
tarbiyah semester VII B Institut Ilmu al-Qur’an (IIQ) Jakarta.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan yang
di peroleh yaitu dengan menggunakan rumus korelasi Product
Moment. Dapat di bandingkan besarnya (rxy) dengan r table,
dan r hitung yang diperoleh adalah 0,193, sedangkan r tabel
masing-masing tabel pada signifikansi 5% sebesar 0,349
sedangkan pada taraf signifikan 1% di peroleh r tabel sebesar
0,449. Dengan demikian dari hasil perhitungan diatas r hitung
lebih kecil dari r tabel pada taraf signifikan 5% dan 1%, maka hipotesis alternative (Ha) ditolak artinya tidak terdapat
hubungan yang signifikan antara variable X dan variable Y,
sedangkan hipotesis nihil (Ho) diterima. Dari angka indeks
korelasi sebesar 0,193 yang berkisar antara 0,00-0,20 dan
bertanda negatif maka korelasi antara kedua variable sangat
lemah atau sangat rendah sehingga korelasi itu di abaikan
(dianggap tidak ada korelasi antara variable X dan variable Y).