Abstract:
Suatu proses pembelajaran harus didukung dengan
adanya suasana pembelajaran yang aktif dan menyenangkan.
Suasana yang aktif dan menyenangkan tersebut perlu untuk
diselenggarakan oleh guru yang menjadi fasilitator serta
pembimbing bagi para siswanya dalam penstransferan ilmu
pengetahuan. Diharapkan bukan hanya aspek kognitif saja yang
harus diperhatikan, lebih dari itu aspek afektif maupun
psikomotor harus dikembangkan sehingga proses pembelajaran
akan lebih mendalam dan melekat pada siswa.
Dalam proses pembelajaran, guru dituntut untuk tampil
dengan profesionalismenya mengantarkan para siswa untuk
meraih hasil dari pembelajaran yang baik, oleh karena itu
pengembangan profesional dan kreatifitas guru selalu
dibutuhkan. Bermacam-macam cara dan strategi yang tersedia
supaya terus dikaji untuk kemudian diterapkan guna mencapai
target hasil belajar yang diinginkan.
Diantara penerapan strategi belajar Pendidikan Agama
Islam yaitu Strategi belajar MURDER yang menekankan pada
pengulangan dan pemahaman. Penerapan Strategi belajar
MURDER pada mata pelajaran PAI yang telah dilaksanakan di
SMA Daarul Hikmah Cicayur menghasilkan penilaian dengan
hasil yang memuaskan. Penilaian hasil tersebut dapat diketahui
dari hasil prestasi belajar dan angket yang dibagikan kepada
seluruh siswa dan siswi kelas X SMA Daarul Hikmah Cicayur
tahun ajaran 2016/ 2017 sebanyak 31 murid. Pengumpulan data
dilakukan dengan observasi, angket, dan dokumen.