Abstract:
Di Pondok Pesantren Qodratullah terdapat sebuah
Program Tahfizhul Qur’an yang diikuti oleh santri jenjang
Pendidikan MTs dan MA. Pada jenjang pendidikan MA
terdapat dua program pendidikan MIPA dan MAPK.
perbedaan program kejurusan yang di mana Progran MAPK
mata pelajaran agamanya lebih banyak, sedangkan pada
program MIPA mata pelajaran umumnya lebih dominan dari
mata pelajaran agama. Hal ini kemungkinan menyebabkan
terdapat perbedaan bacaan atau hafalan antara santri tahfiz
pada jurusan MIPA dan MAPK,
Adapun masalah yang diangkat dalam skripsi ini adalah
apakah terdapat perbedaan kualitas hafalan pada santri
Tahfizhul Qur’an Program MIPA (Madrasah Aliyah Program
Keagamaan) denagn santri Tahfizul Qur’an program MIPA
(Madrasah Aliyah IPA) di Pondok Pesantren Qodratullah
Palembang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode kuantitatif dengan tekhnik analisis data uji
komparasional. Pemilihan tekhnik ini bertujuan untuk mencari
perbandingan antara kualitas bacaan pada santri Tahfizul
Qur’an program MIPA dengan santri Tahfizhul Qur’an
Program MAPK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
apakah terdapat perbedaan kualitas hafalan antara santri
Tahfizul Qur’an program MIPA dengan santri Tahfizhul
Qur’an Program MAPK. Dari hasi penelitian, dapat disimpulkan bahwa tidak
terdapat berbedaan kualitas hafalan yang signifikan antara
santri Tahfizhul Qur’an Program IPA dengan santri Tahfizul
Qur’an Program MAPK. Hal ini dapat dilihat berdasarkan
kesimpulan yang ditari yaitu diketahui nilai “to”sebesar -1,24
kemudian dikonsultasikan dengan tabel nilai “t” ternyata jauh
lebih kecil baik pada taraf signifikasi 5 % maupun pada taraf
signifikasi 1 %. Maka Hipotesis alternative (Ha) yang
menyatakan ada perbedaan hafalan Al-Qur’an antara santri
Tahfizhul Qur’an Program MAPK dengan santri Tahfizhul
Qur’an Program MIPA ditolak. Selanjutnya Hipotesis Nol (Ho)
yang menyatakan bahwa tidak ada perbedaan hafalan Al-
Qur’an antara santri Tahfizhul Qur’an Program MAPK dengan
santri Tahfizhul Qur’an Program MIPA diterima.