DSpace Repository

Strategi Pembelajaran Tahfizh Al-Qur'an Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Tangerang Provinsi Banten

Show simple item record

dc.contributor.advisor Romlah Widayati
dc.contributor.advisor Muh. Ubaidillah Al Ghifary Slamet
dc.contributor.author Yulianti, 217430191
dc.date.accessioned 2020-01-28T08:36:39Z
dc.date.available 2020-01-28T08:36:39Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/474
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menghafal Al-Qur‟an, sehingga sekolah melakukan berbagai strategi untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menghafal Al- Qur‟an. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui tiga cara yakni 1) observasi mengenai pelaksanaan pembelajaran tahfizh; 2) wawancara, yakni penulis melakukan wawancara kepada kepala sekolah, guru tahfizh serta peserta didik; 3) dokumentasi, yakni foto dengan nara sumber wawancara, dan foto saat pembelajaran tahfizh. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) dari segi perencanaan strategi pembelajaran tahfizh meliputi dasar dan tujuan pembelajaran, alokasi waktu yang disediakan, materi pembelajaran, membuat buku pedoman tahfizh, mengadakan ekstra kurikuler tahfizh, menetapkan materi hafalan sebagai syarat kelulusan, memberikan reward kepada peserta didik, serta membuat rencana pelaksanaan pembelajaran. Kemudian dari segi pelaksanaan pembelajaran meliputi pemilihan metode menghafal dan metode muroja‟ah serta prosedur pelaksanaan pembelajaran tahfizh di kelas. Metode menghafal terdiri dari metode tikrar, metode bayangan dan metode gabungan. Sedangkan untuk muroja‟ah meliputi muroja‟ah harian, muroja‟ah mingguan, muroja‟ah bersama, muroja‟ah mandiri, dan adanya lembar pemantauan tahfizh. Sedangkan untuk evaluasi pembelajaran terdiri dari evaluasi belajar dan evaluasi proses pembelajaran. Evaluasi belajar meliputi: evaluasi mingguan, evaluasi tengah semester, evaluasi akhir semester, evaluasi akhir surah dan evaluasi akhir tahun serta pemeriksaan lembar pemantauan hafalan. Aspek yang dinilai dari setiap evaluasi adalah kelancaran hafalan serta ketepatan tajwid dan fashahahnya. Kemudian untuk evaluasi proses pembelajaran dalam rangka untuk mengetahui sejauh mana tujuan pembelajaran dapat dicapai, adanya kemungkinan pengurangan atau penambahan materi hafalan serta untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran dan bagaimana solusinya. 2) pengaruh penerapan strategi pembelajaran tahfizh dapat dilihat dari pencapaian target hafalan, perolehan nilai tahfizh di atas kriteria ketuntasan minimal dan adanya perubahan perilaku yang lebih banyak berinteraksi dengan Al-Quran. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Strategi en_US
dc.subject Tahfizh en_US
dc.subject Muroja’ah en_US
dc.subject Pembelajaran Tahfizh en_US
dc.subject Tahfizh Al-Qur’an en_US
dc.title Strategi Pembelajaran Tahfizh Al-Qur'an Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Tangerang Provinsi Banten en_US
dc.type Tesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account