Abstract:
Galuh Fathatul Maula (13311197). Skripsi ini dengan
judul “Metode Pembelajaran Tahfizh Al-Qur‟an pada Program
Kelas Takhasus Tahfizh” (Studi Kasus SMP Adzkia Islamic
School Serua Ciputat Tangerang Selatan). Prodi Pendidikan
Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Al-Qur`an (IIQ)
Jakarta.
Seiring dengan berkembangnya teknologi serta kemajuan
zaman, maka berbagai metode ditemukan untuk mencapai suatu
tujuan, salah satunya berkaitan dengan menghafal Al-Quran,
metode yang digunakan oleh SMP Adzkia Islamic School dalam
menghafal Al-Quran yang diterapkan kepada siswa-siswanya
sangat relevan sekali dengan perkembangan zaman, terbukti dengan banyaknya siswa yang berminat dan mampu menghafal
Al-Quran dengan cepat, baik dan benar.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif
dan pendekatan kualitatif. Adapun langkah-langkah yang
ditempuh saat penelitian yaitu dengan menggunakan teknik
observasi, wawancara mendalam, serta mengumpulkan
dokumentasi yang berkaitan dengan objek penelitian.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah
pelaksanaan dalam pembelajaran tahfizh Al-Quran di SMP
Adzkia Islamic School adalah cukup baik dan lancar. Di mana
sebagian besar peserta didik bisa menghafal minimal dua juz
sesuai yang ditargetkan oleh pihak sekolah, bahkan ada
beberapa siswa yang dapat melebihi target yang telah
ditentukan.
Hal ini disebabkan dalam kegiatan pembelajarannya
para ustadz menggunakan metode bin-nazhar, talaqi serta
takrir/muroja’ah yang terjadwal sistematik secara variatif
sebagai sarana pendukung untuk memudahkan peserta didik
mengingat hafalan yang baru maupun yang lama. Ada pun
kendala yang dijumpai dalam proses pembelajaran Tahfizh Al-
Qur‟an antara lain adanya sebagian siswa /peserta didik yang
kurang menyadari pentingnya menghafal Al-Quran dan
kurangnya jam khusus untuk kegiatan menghafal Al-Qur‟an
sehingga pihak sekolah masih melakukakn upaya-upaya tertentu
agar peserta didik dapat menyelesaikan hafalannya sesuai target
yang ditetapkan.