dc.contributor.advisor |
Ahmad Dimyati Badruzzaman |
|
dc.contributor.author |
Safi Atun Nikmah |
|
dc.date.accessioned |
2020-02-24T05:11:17Z |
|
dc.date.available |
2020-02-24T05:11:17Z |
|
dc.date.issued |
2017 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/504 |
|
dc.description.abstract |
Latar belakang peneliti memilih judul ini dikarenakan perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an anak dari lulusan SD dan dari lulusan MI, tentang penerapan ilmu Tajwid dan pengucapan Makharijul Huruf Hijaiyyah. Maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa lulusan SD dan lulusan MI kelas VIII di SMP Islamiyah.
Metodologi penelitian yang digunakan untuk membahas masalah ini dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ialah observasi, nilai raport dan wawancara. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis komparasional.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan membaca Al-Qur’an siswa lulusan SD dan lulusan MI. hal ini didasakan pada perhitungan statistic pada taraf signifikan 5% (to = 2,88 dan tt = 2,02) maupun pada taraf signifikan 1% (to = 2,88 dan tt = 2,69), karena t hitung > t table, dengan demikian hasilnya dinyatakan signifikan dan hipotesis alternatif diterima sedangkan hipotesis nol ditolak. |
en_US |
dc.language.iso |
id |
en_US |
dc.publisher |
Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta |
en_US |
dc.subject |
Komaparasi, Kemampuan, Al-Qur'an |
en_US |
dc.title |
Komparasi Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Berdasarkan Lulusan SD dan MI (Studi Kasus Siswa Kelas VIII SMP Islamiyah Ciputat) |
en_US |
dc.type |
Skripsi |
en_US |