Abstract:
Era globalisasi ini banyak tantangan yang harus negara
hadapi khususnya negara berkembang, karena dizaman ini
segala bidang atau aspek kehidupan manusia, seperti bidang
politik, sosial, ekonomi, agama, teknologi sudah mulai
mendunia. sehingga Sumber Daya Manusia (SDM) warga
negara Indonesia harus ditingkatkan agar dapat bersaing
dengan negara-negara yang lain, maka dari itu dengan tuntutan
dan tantangan zaman, negara ini harus memperhatikan dunia
pendidikan. Kurikulum 2013 merupakan jawaban dari
pemerintah untuk meningkatkan Pendidikan Indonesia lebih
maju, baik dalam bidang pengetahuan, sikap dan keterampilan,
menghasilkan generasi muda yang kreatif, inovatif, cedas baik
dari segi intelektual, emosional dan spiritual.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan
menganalisis Implementasi kurikulum 2013 pada mata
pelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN 5 Bogor.
Metode yang dilakukan adalah kualitatif deskriptif,
pengumpulan data dengan mengadakan observasi, wawancara,
dokumntasi, setelah analisis data dilakukan kemudian
dideskripsikan dalam bentuk narasi.
Implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran Al-
Qur’an hadits di MAN 5 Bogor (MAN Parungpanjang, Kab.
Bogor) berjalan cukup baik hanya saja pada pendekatan
saintifik dalam mengaplikasikannya di dalam kelas belum
sepenuhnya terlaksana.