dc.description.abstract |
Peran kepala sekolah merupakan salah satu faktor penting
dalam menentukan keberhasilan sekolah. Kepala sekolah
memiliki peran penting dalam pengembangan kurikulum sesuai
dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional
(Permendiknas) RI No. 13 Tahun 2007. Pengembangan
kurikulum adalah proses yang dimulai dengan kegiatan
menyusun kurikulum, mengimplementasikan, mengevaluasi,
dan memperbaiki sehingga memperoleh suatu bentuk yang
ideal.
Implementasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
(PAI) merupakan pelaksanaan pembelajaran pada kurikulum
2013. Kurikulum 2013 berupaya mengembangkan berbagai
ranah pendidikan, yaitu kemampuan pengetahuan,
keterampilan, dan sikap. Kompetensi yang harus dikuasai
peserta didik perlu dinyatakan sedemikian rupa agar dapat
dinilai, sebagai wujud hasil belajar yang mengacu pada
pengalaman langsung.
Melalui penelitian penulis ingin mengetahui bagaimana
peran kepala sekolah dalam pengembangan kurikulum dan
implementasi mata pelajaran PAI di SMA Negeri 70 Jakarta.
Dengan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan metode
analisis triangulasi data, teknik pengumpulan datanya melalui
wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala sekolah
dalam pengembangan kurikulum 2013 sudah memberikan
kontribusi dan perannya dengan baik. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya upaya-upaya yang dilakukan seperti workshop,
seminar, pendidikan dan pelatihan (Diklat), dan In House
Training (IHT).
Implementasi mata pelajaran PAI di SMA Negeri 70
Jakarta sudah berjalan dengan baik sesuai dengan tuntutan
kurikulum 2013. Dengan adanya pelatihan yang dilakukan oleh
pemerintah maupun pihak sekolah, serta forum Musyawarah
Guru Mata Pelajaran PAI (MGMP PAI) Jakarta Selatan sangat
membantu guru dalam mengimplementasikan mata pelajaran
PAI. guru PAI sudah memberikan variasi pengajaran dengan
perangkat media yang tidak monoton sesuai tututan kurikulum
2013. |
en_US |