Abstract:
Penulis tertarik dengan judul ini karena berdasarkan
pengalaman yang pernah penulis lakukan selama melakukan
kegiatan pesantren Ramadhan di SMPN 177 Jakarta Selatan,
bahwasannya prestasi dan kedisiplinan siswa di SMPN 177
cukup baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
lingkungan keluarga dalam melakukan kedisiplinan siswa di
SMPN 177 Jakarta Selatan, dan sejauh mana pengaruh
lingkungan keluarga terhadap kedisiplinan siswa di SMPN 177
Jakarta Selatan.
Di dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode
diskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya
menggunakan angket, wawancara, observasi serta
dokumentasi. Adapun pengisian angket dilaksanakan kelas
VIII SMPN 177 sebanyak 50 orang dan dilakukan secara
acak.Wawancara dilakukan kepada bapak Tursan S.Pd sebagai
wakil kepala sekolah dan Reka Putri salah satu siswa kelas
VIII. Sedangkan teknik analisis data menggunakan Product
Moment.
Hasil analisis data penelitian menunjukan bahwa
terdapat korelasi yang cukup signifikan, baik pada variabel X
yaitu lingkungan keluarga, maupun pada variabel Y yaitu
kedisiplinan siswa. Hal ini ditunjukan dengan rhitung lebih
besar yaitu 0,637 dari rtabel pada taraf signifikan 5% yaitu = 0,273 (rxy=0,637 > rt=0,273) maupunpada tarif signifikan 1%
= 0,354 (rxy=0,637 > rt=0,354).
Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif
antara lingkungan keluarga terhadap kedisiplinan siswa di
SMPN 177 Jakarta Selatan. Sehingga dapat dikatakan semakin
disiplin lingkungan keluarga siswa, maka semakin disiplin
pula siswa di sekolah.