DSpace Repository

Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) (Study Kasus Siswa Kelas X SMA Negeri 70 Jakarta)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ali Mursyid
dc.contributor.author Ade Sa’diah, 13311224
dc.date.accessioned 2020-02-24T05:29:39Z
dc.date.available 2020-02-24T05:29:39Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/511
dc.description.abstract Latar belakang peneliti memilih judul ini adalah dikarenakan beberapa alasan diantaranya: 1). setiap metode yang digunakan memang menjadi salah satu faktor keberhasilan suatu proses pembelajaran, tetapi lain dari pada itu belajar dengan memakai metode salah satunya metode diskusi, kadang tidak bisa berjalan dengan baik manakala ada faktor-faktor yang mempengaruhi seperi faktor tujuan, siswa, situasi, kesesuaian metode dengan materi dan faktor guru itu sendiri yang kurang memperhatikan siswa saat diskusi berlangsung yang dapat mengakibatkan prestasi belajar siswa menurun; 2). Pelajaran PAI di SMA Negeri 70 Jakarta sering menggunakan metode diskusi, metode ini sesuai dengan keadaan siswa yang begitu aktif, pintar dan berani bertanya tetapi ada juga beberapa siswa yang kurang begitu aktif. Adapun masalah yang di angkat dalam penelitian ini adalah, 1). Apakah ada pengaruh metode diskusi terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) (Study kasus siswa kelas X SMA Negeri 70 Jakarta); 2). Seberapa besar pengaruh metode diskusi terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) (Study kasus siswa kelas X SMA Negeri 70 Jakarta); Metode penelitian yang digunakan untuk membahas masalah ini adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif (Quantitative Approach), artinya dalam penelitian ini analisa data yang digunakan adalah analisa statistik. Selain data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Dari hasil penelitian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Metode Diskusi terhadap Prestasi Belajar PAI dan korelasi antara variabel X (Metode Diskusi) dan variabel Y (Prestasi Belajar PAI) terdapat korelasi yang kuat atau tinggi. Hal ini berdasarkan dari lebih besar dari pada taraf signifikan 5% yaitu 0,8889 > 0,232, dan demikian juga taraf signifikan 1% lebih besar dari pada > yaitu 0,8889 > 0,302. Maka penulis mengambil kesimpulan pada taraf signifikan 5% dan 1% yang keduanya merupakan lebih besar dari sehingga dengan demikian maka Hipotesis Alternatif (Ha) diterima atau disetujui, sedangkan Hipotesis Nihil (Ho) ditolak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Metode Diskusi, Prestasi Belajar en_US
dc.title Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) (Study Kasus Siswa Kelas X SMA Negeri 70 Jakarta) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account