DSpace Repository

Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di SMP Plus Ar-Rahmat Bojonegoro)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sururin
dc.contributor.author Cholisotul Ilmiah, 13311229
dc.date.accessioned 2020-02-24T08:05:17Z
dc.date.available 2020-02-24T08:05:17Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/515
dc.description.abstract Pendidikan Islam memegang peranan yang penting dalam meningkatkan kualitas manusia pada zaman ini, sehingga mutu dan sistem pendidikan islam akan dapat di tentukan keberhasilannya salah satunya melalui penyusunan, dan penerapan kurikulumnya. Sehingga perlu dilaksanakan penerapan kurikulum yang tepat pada proses belajar-mengajar di tingkat lembaga pendidikan Islam. Konteks tersebut mendorong peneliti mengadakan riset mengenai implementasi kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Plus Ar-Rahmat Bojonegoro. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan; bagaimana penerapan kurikulum Pendidikan Agama Islam di sekolah yang memiliki sistem boarding school yaitu SMP Plus Ar-Rahmat., serta mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMP Plus Ar-Rahmat. Pendekatan yang digunakan penulis pada penelitian ini adalah pendekatan penelititan kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus, Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi yang berkaitan dengan pokok permasalahan yang dibahas, baik berupa buku, arsip sekolah, jurnal yang mengarah kepada pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum di SMP Plus Ar-Rahmat Bojonegoro adalah Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KTSP) sejak tahun 2006, dan implementasi kurikulum mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Plus Ar-Rahmat berjalan dengan maksimal dan kondusif, karen sistem pendidikan lembaga ini berbasis boarding school, sehingga menjadi faktor pendukung implementasi kurikulum Pendidikan Agama Islam. Sedangkan evaluasi pembelajaran baik ranah kognitif, afektif dan psikomotorik berjalan seimbang dan terlaksana dengan cukup sempurna. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Implementasi, Kurikulum Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di SMP Plus Ar-Rahmat Bojonegoro) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account