dc.description.abstract |
Pendidikan Islam memegang peranan yang penting
dalam meningkatkan kualitas manusia pada zaman ini,
sehingga mutu dan sistem pendidikan islam akan dapat di
tentukan keberhasilannya salah satunya melalui penyusunan,
dan penerapan kurikulumnya. Sehingga perlu dilaksanakan
penerapan kurikulum yang tepat pada proses belajar-mengajar
di tingkat lembaga pendidikan Islam.
Konteks tersebut mendorong peneliti mengadakan riset
mengenai implementasi kurikulum Pendidikan Agama Islam
(PAI) di SMP Plus Ar-Rahmat Bojonegoro. Adapun tujuan
penelitian ini adalah mendeskripsikan; bagaimana penerapan
kurikulum Pendidikan Agama Islam di sekolah yang memiliki
sistem boarding school yaitu SMP Plus Ar-Rahmat., serta
mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat
implementasi kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMP Plus
Ar-Rahmat.
Pendekatan yang digunakan penulis pada penelitian ini
adalah pendekatan penelititan kualitatif yang bersifat deskriptif
analisis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
studi kasus, Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam
penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara dan
dokumentasi yang berkaitan dengan pokok permasalahan yang
dibahas, baik berupa buku, arsip sekolah, jurnal yang mengarah
kepada pembahasan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum di SMP Plus
Ar-Rahmat Bojonegoro adalah Kurikulum Satuan Tingkat
Pendidikan (KTSP) sejak tahun 2006, dan implementasi kurikulum
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Plus Ar-Rahmat berjalan dengan maksimal dan kondusif, karen sistem pendidikan
lembaga ini berbasis boarding school, sehingga menjadi faktor
pendukung implementasi kurikulum Pendidikan Agama Islam.
Sedangkan evaluasi pembelajaran baik ranah kognitif, afektif dan
psikomotorik berjalan seimbang dan terlaksana dengan cukup
sempurna. |
en_US |